5 Kuliner Olahan Ikan Palembang

Palembang merupakan kota yang terkenal dengan makanan pempeknya. Makanan pempek ini seolah – olah sudah menjadi ikon kota satu ini. Namun, ternyata selain pempek, Palemabang memiliki kuliner olahan ikan lainnya.

Jika pempek disantap menggunakan kuah yang terbuat dari rebusan gula merah, cabai, dan bawabg putih atau yang sering disebut cuko, maka olahan ikan lainnya dari Palembang ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari berbagai macam rempah, santan, dan kaldu udang.

Berikut 5 makanan olahan ikan yang berkuah di Palembang selain pempek yang tak kalah nikmat dan patut anda coba ketika berkunjung ke Palembnag.

Tekwan

Tekwan terbuat dari ikan giling dan tepung sagu yang di rebus dan disajikan dengan kuah kaldu yang dilengkapi dengan jamur kuping, irisan bengkoang, bunga sedap malam yang dikeringkan, soon, bawang goreng, daun bawang, dan seledri.

Model

Olahan ikan di Palembang yang satu ini juga merupakan olahan ikan dengan tepung sagu yang disajikan dengan kuah kaldu seperti tekwan. Yang membedakan tekwan dengan model adalah jika tekwan bentuk kecil – kecil sedangkan model bentuknya seperti pempek kapal selam yang di potong – potong dan berisi.

Laksan

Makanan olahan ikan Palembang kali ini berkuah santan. Bentunya seperti pempek lenjer namun agak pipih dengan kuah santan yang berwarna merah. Makanan yang satu ini unik dengan rasanya yang nikmat.

Celimpungan

Olahan ikan di Palembang yang satu ini juga disajikan dengan kuah santan yang terdiri dari campuran bumbu dan kuah rempah yang membuat kuah ini sangat kaya rasa. Sebagian besar yang sudah mencoba kuliner Palembang satu ini ketagihan karena rasa nya yang nikmat.

Burgo

Kuliner yang satu ini biasanya dijadikan salah satu menu untuk sarapan di Palembang. Burgo sendiri memang tak terbuat dari ikan, melainkan tepung beras dan sagu yang digulung kemudian dipotong – potong. Namun olahan ikan di makanan yang satu ini terletak pada kuah santannya. Kuah santan dari burgo ini sudah diberi bumbu yang dicampur dengan daging ikan yang dihaluskan.