Air Terjun Tertinggi Indonesia di Sumatra Utara

Untuk masalah pesona alam yang dimiliki Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Faktanya banyak wisatawan yang datang dari seluruh penjuru dunia dan menghabiskan waktunya hingga berminggu – minggu bahkan berbulan – bulan untuk menikmati keindahan alam yang dimiliki Indonesia. Banyak wisat alam yang menakjubkan di Indonesia, dan salah satunya adalah air terjun tertinggi di Indoneisa yang terletak di Sumatra Utara.

Air terjun ini bernama air terjun Sigura – gura. Air terjun tertinggi di Indonesia ini memiliki tinggi yang mencapai 250 meter. Objek wisata ini berada di kawasan Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatra Utara. Letaknya juga tak jauh dari kawasan wisata Danau Toba.

Selain menjadi objek wisata, air terjun Sigura – Gura ini juga dijadikan sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber irigasi dengan dibangunnya bendungan Sigura – gura. Terdapat kabar bahwa bendungan ini merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia setelah bendungan Sutami.

Dari kejauhan pun, suara gemuruh air dari air terjun Sigara – gara ini dapat andadengarkan karena memang debit air yang dimiliki air terjun yang satu ini cukup deras.

Di kawasan wisata yang satu ini anda dapat melakukan berbagai aktifitas seperti rafting atau arung jeram yang pastinya sangat seru. Tak hanya rafting saja melainkan aktifitas seperti panjat tebing, camping disekitar air terjun Sigara – gara, dll. Tak lupa air terjun Sigara – gara ini akan menyuguhkan pada anda panorama alam yang indah dan anda juga dapat mengabadikan momen indah di air terjun Sigara – gara.

Untuk melakukan olahrahga panjat tebing disini anda harus ekstra hati – hati dikarenakan anda harus menaiki bebatuan yang tinggi serta licin. Jika anda belum terlatih secara khusus, disarankan anda menghindari aktifitas yang satu ini karena memiliki resiko yang cukup besar.

Untuk mencapai kawasan wisata yang satu ini memang cukup jauh. Dari kota Medan perjalanan anda akan dilanjutkan menuju ke Kabupaten Toba Samosir dengan jarak tempuh sekitar 250 km dengan emnggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.