Berkemah di Pantai Dengan Karang Yang Menjulang Unik

Wisata yang satu ini merupakan pantai yang berada di Yogyakarta. Namanya adalah Pantai Siung yang letaknya terpencil di Kecamatan Tepus daerah Gunung Kidul. Untuk mengunjung tempat wisata yang satu ini anda harus berkendara sejauh 62 kilo meter dari pusat kota Yogyakarta yang dapat ditempuh dalam 2 jam perjalanan.

Akses untuk menuju Pantai Siung ini memang sedikit sulit sehingga anda memerlukan stamina yang kuat serta kendaraan yang masih baik sehingga tak terjasi kendala saat perjalanan. Untuk ke lokasi wisata yang satu ini sulit karena anda harus melewati tanjakan, tikungan, dan jalanan terjal yang harus dilewati untuk menju ke lokasi wisata yang satu ini.

Yang membuat Pantai Siung berbeda dengan pantai yang lain yang ada di kawasan Gunung Kidul adalah adanya batu karang yang menjulang tinggi bagaikan raksasa yang terletak di sebelah barat dan timur. Batu karang ini letaknya menjorok ke laut dan sering digunakan untuk kegiatan panjat tebing di batu karang ini. Banyak wisatawan yang rela jauh – jauh dan sulit – sulit datang kesini hanya untuk menikmati keindahan alam yang indah dan merasakan memanjat tebih di pinggiran laut.

Disebut Pantai Siung sendiri karena batu karang raksasa yang ada disini memiliki bentuk seperti gigi kera yang dalam bahasa Jawa suing wanara, dan dari kata suing tersebut pantai ini dinamai Siung.

Dahulunya wilayah Pantai Siung pada jaman para wali dijadikan sebagai wilayah perdagangan dari berbagai penjuru. Tidak jauh dari pantai terdapat pasar Winangun yang merupakan tempat kediaman Nyai Podi dan Nyai Kami yang merupakan istri dari abdi dalam Keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Siung ini, anda dapat masuk dengan membayar 3000 rupiah saja, murah sekali bukan? Dengan tiket masuk yang begitu muarh, anda dapat menikmati pantai yang indah dan menakjubkan.

Untuk anda para pecinta alam, anda juga dapat membawa perlengkapan camping kemari. Siapapun boleh mendirikan tenda dan bermalam di camping ground di sekitar pantai. Bercamping ria di pantai ini bisa menjadi pilihan tepat untuk melengkapi liburan anda, dengan view pemandangan pantai yang indah dengan karang yang unik anda dapat menyaksikan semuanya ketika berkemah di Pantai Siung ini.

Author: admin