Bersantai di Pantai Jawa Timur Yang Satu Ini Dengan Berbagai Mitosnya

Jawa timur menyimpan begitu banyak wisata pantai yang indah dan mempesona serta memikat bagi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah pantai yang memiliki keindahan di daerah Jawa Timur ini adalah Pantai papuma Jember.

Nama Papuma sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari ” Pasir Putih Malikan “. Dan singakatan tersebut sekarang lebih dikenal dan lama – lama sudah seperti nama dari pantai ini sendiri.

Pantai Papuma ini berjarak sekitar 45 km dengan pusat kota Jember. Lokasi Pantai ini tepatnya berada di Desa Lojejer, masuk dalam wilayah Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Sebelum memasuki kawasan Pantai Papuma ini, anda akan disuguhi pemandangan hutan jati, dan ini merupakan jalan utama untuk masuk menuju pantai ini. Hutan ini bernama Hutan Maliki yang memiliki kekayaan flora dan fauna khas Indonesia. jalan akses menuju pantai ini juga sudah nyaman karena dikelola dengan baik sehingga anda tak perlu takut melewati jalan di hutan ini.

Pantai ini juga dikelilingi oleh karang – karang yang menjulang dan menjadikan pantai ini semakin eksotis dan banyak dikunjungi oleh para fotografer untuk mengabadikan landscape dari kokohnya karang – karang yang menjulang di pantai.

Selain keindahan, pantai Papuma ini juga menyimpan cerita – cerita mistis yang hingga kini masih dipercayai oleh masyarakat luas. Salah satu mistis yang ada di pantai Papuma adalah ombaknya di pantai selatan sering memakan korban. Sedangkan pantai Papuma ini merupakan rangkaian dari Pantai Selatan yang memiliki gulungan ombak besar dan ganas sehingga wisatawan yang tak berhati – hati hanyut tertelan ombak.

Tak hanya itu saja, cerita mistis lainnya adalah Baru Malikan yang merupakan salah satu batu raksasa di pantai ini dipercaya sebagai temapat raden Mursada untuk memancing. Dan konon diatas batu ini, Raden Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib yang ternyata adalah raja Mina dan kemudian ia lepaskan. Cerita lain juga mengatakan bahwa kail Joko Samudra tersebut tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelahnya menjadi 3 bagian.

Author: admin