Danau Menakjubkan Dengan Segala Legendanya di Ternate

Danau Vulkanik yang sangat biru, Danau Tolire yang letaknya berada di sebuah kawah di kaki Gunung Gamalama, di Pualu Ternate, Provinsi Maluku Utara. Danau ini terdiri dari 2 danay=u yang kurang lebih berjarak 200 meter yaitu Danau Tolire Lamo (Tolire Besar) dan Torirelci (Tolire Kecil). Danau yang besar gampir bulat sempurnya menyerupai panci raksasa. Air mistik nya dapat berubah warna sesuai dengan musim, dari warna biru cerah selama musim panas, hingga hijau tua atau coklat sepanjang musim hujan.

Berkisar 50 meter di bawah bibir akwah, Danau Tolire membentang sekitar 5 hektar, namun kedalamannya tetap tidak dapat diketahui dan beberapa orang percaya bahwa itu terhubung langsung dengan Laut Ternate. Danau ini memiliki air tawar dan merupakan rumah bagi banyak spesies burung dan ikan. Kepercayaan rakyat sekitar bahwa terdapat buaya yang tak terlihat, namun tetap saja danau ini digunakan untuk berburu maupun memancing.

Danau Tolire ini banyak dikelilingi oleh legenda. Salah satunya mengatakan bahwa ada seorang pria yang menghamili putrinya sendiri yang lalu membuat para dewa marah besar dan mengutuk mereka. Sang ayah dikutuk menjadi Danau tolire Besar dan sang anak perempuan menajadi Danau Tolire yang lebih rendah. Bahakan cerita rakyat setempat mengatakan bahwa bagian bawah danau ini ditutupi dengan harta karun miliki Kerajaan Ternate yang dulu.

Dan sebagian cerita juga percaya bahwa danau ini dihuni dan dijaga oleh buaya yang tak terlihat dengan ukuran panjang mencapai belasan meter dan juga dijaga oleh buaya putih yang lebih besar yang terkadanag merubah penampilan. Menurut kepercayaan setempat anda bisa mencoba melempar batu sekeras mungkin kedalam danau, namun usaha anda akan selalu gagal tak perduli berapa besar usha anda. Biasanya terdapat beberapa penduduk lokal yang menjual batu tersebut seharga 1000 rupiah untuk 5 batu. Dengan melempar batu ini anda diajak untuk mencoba keberuntungan untuk melihat apakah ada yang bisa mencapai permukaan sebelum dimakan oleh sang penjaga danau yang tak terlihat atau tidak.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.