Gunung Bromo

Gunung bromo (dari bahasa sanskerta : brahma, salah seorang dewa utama dalam agama hindu) atau dalam bahasa tengger dieja “Brama”, adalah sebuah gunung berapi aktif di jawa timur, indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni kabupaten probolinggo, kabupaten pasuruan, kabupaten lumajang, dan kabupaten malang. Gunung bromo terkenal sebagai objek wisata di jawa timur. Sebagai sebuah objek wisata, bromo menjadi menarik kaena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung bromo termasuk dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru.

Bentuk tubuh gunung bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunun bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter kurang lebih (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah bromo.

Sejarah letusan

Selama abad 20 dan abad 21, gunung bromo telah meletus sebanyak beberapa kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2015-sekarang.

Bromo sebagai gunung suci

Bagi warga sekitar gunung bromo, suku tengger, gunung bromo/gunung brahma dipercaya sebagai gunung suci. Setiap setahun sekali penduduk tengger mengadakan upacara yadnya kasada atau kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada dibawah kaki gunung bromo dan dilanjutkan ke puncak bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan jawa.

Selain itu, gunung bromo memiliki beberapa destinasi pemandangan yang menarik buat dikunjungi dan diabadikan. Jadi bagi kalian pecinta alam saran disarankan sekali untuk mencoba keindahan dan pesona yang diberikan gunung bromo ini.

Demikianlah sedikit penjelasan dari saya tentang gunung bromo, jawa timur.

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.