Wisata Alam,Wisata Indonesia

Menikmati Lembah di Bukittinggi Yang Dilengkapi Dengan Puluhan Air Terjun

Menikmati Lembah di Bukittinggi Yang Dilengkapi Dengan Puluhan Air Terjun

Menikmati Lembah di Bukittinggi Yang Dilengkapi Dengan Puluhan Air Terjun – Wisata yang satu ini dapat anda kunjungi sekitar satu jam dari Bukittinggi di Provinsi Sumatra Barat. Wisata alam yang satu ini bernama Lembah Harau atau terkadang disebut juga Lembah Arau. Wisata ini tempat dimana anda dapat menyaksikan sawah hijau dan subur yang terletak diantara tebing – tebing granit besar. Di lokasi ini juga terdapat puluhan air terjun dengan ketinggian 800 – 300 meter jatuh ke lembah dibawahnya, dipotong oleh Sungai Batang Arau. Tidak heran maka dari itu Lembah Harau sering disebut juga sebagai Yosemita Indonesia.

Di Lembah Harau ini satwa seperti owa, kera, dan satwa liar lainnya masih berkeliaran dengan bebas di Kabupaten Lima Puluh Kota. Daerah ini sebenarnya juga sudah ditetapkan sebagai konservasi alam yang mencakup 669 hektar. Panorama yang indah, ketenangan, kedamaian dan suara merdu kicauan burung dengan owa. Dan kera yang berada disana membuat wisata anda di Lembah Harau ini menjadi sempurna.

Di Lembah Harau ini terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Bunta. Atau yang disebut masyarakat lokal Sarasah Bunta yang mengalir ke bawah air segar dari dataran tinggi dengan 3 air terjun lain disekitarnya yang masing – masing bernama Aka Barayun, Sarasah Luluh, dan Sarasah Murai. Air terjun Bunta ini pertama kali dikunjungi tahun 1926 oleh walikota Belanda. Sebuah batu berukir tahun berkunjungnya wali kota Belanda saat itu hingga saat ini masih ada disana.

Menikmati Lembah di Bukittinggi Yang Dilengkapi Dengan Puluhan Air Terjun

Terdapat sebuah teori tentang keberadaan Lembah Harau ini, yaitu Lembah Harau ini mucul. Sebagai hasil dari patahan tektonik pada tanah kuno, dengan sungai pararel yang melalui tanah ini. Kemudian, salah satu bagian dari tanah merosot sedangkan yang lainnya naik, saluran air pecah, dah akhirnya air terjun terjadi dari tumpahan di atas bukit – bukit berbatu tersebut. Dan teori ini juga dipercayai oleh ilmuan – ilmuan yang pernah meneliti Lembah Harau ini.

Sedangkan pernyataan lain, ahli geologi Jerman yang melakukan penelitian disini menemukan. Bahwa batu – batu granit besar tersebut sebenarnya identik dengan yang ditemukan di dasar laut. Dengan demikian teori ini menyatakan bahwa temoat ini mungkin pernah terletak didasar laut.

Baca Juga : Menikmati Hijau dan Indahnya Ngarai di Bukittinggi, Minangkabau

jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.

Anda mungkin juga suka...