Menjelajahi Benteng Peninggalan Portugis dan Belanda Pada Masa Penjajahan di Maluku

Wisata yang satu ini termasuk wisata sejarah yang ada di Indonesia. Wisata yang satu ini bernama Benteng Belgica atau disebut juga Belgica Fort. Wisata ini merupakan peninggalan dari Portugis yang dibangun di Banda Neira, maluku Tengah. Banda Neira merupakan kota kecil yang juga merupakan kota warisan dari penjajahan Portugis dan Belanda. Kota ini pada jaman dahulu merupakan kota yang penting bagi Belanda dan Portugis karena menghasilkan rempah – rempah yang sangat penting bagi mereka. Karena kota ini dijadikan pusat perdagangan maka pembangunan benteng pun juga diperlukan untuk dibangun. Benteng ini juga di multifungsuikan sebagai tempat penyimpanan senapan dan amunisi serta dijadikan penjara.

Pada awalnya, Benteng Belgica ditetapkan sebagai Benteng Nassau, namun seiring berjalannya waktu dimana masa pemerintahan Portugis digantikan oleh Belanda namanya diubah menjadi Benteng Belgica. Pada masa pemerintahan Belanda Benteng ini digunakan sebagai pertahanan militer dan pemantauan lalu lintas kapal dagang.

Selain sejarah diatas, tempat ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. bangunan ini berdiri sekitar 400 tahun yang lalu dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Benteng Belgica ini juga memiliki nama lain seperti Pentagon Indoensian, karena bentuknya yang mirip Pentagon Amerika.

Dengan bangunnan yang memiliki gaya khas Eropa,benteng ini memiliki Bastion di sekitaran gedung. Bastian adalah sebuah luabang di dinding benteng untuk menempatkan meriam di dalamnya. Sebenarnya kita dapat melihat keberadaan meriam di tempat ini yang asli sejak jaman Belanda. Terlebih Benteng ini memiliki ruang terbuka yang berada di tengah benteng, dan spot tersebut digunakan sebagai penjara. Terdapat menara disetiap sisi benteng, dan tangga mencapai menara juga disana. Dari puncak ini kita dapat menikmati keindahan Kepulauan Banda dengan leluasa.

Kita juga dapat melihat serta mengunjungi benteng ini secara gratis, namun akan ada kotak donasi yang bisa anda berikan untuk kegiatan amal pengelolaan dan pengembangan tempat wisat satu ini.

Untuk anda yang tertarik untuk berkunjung ke Benteng Belgica ini akses menuju kesana sangat mudah, jika anda dari Ambon, anda bisa naik pesawat ke Banda Neira atau menggunakan kapal Pelni ke pelabuhan Yos Sudarso di Bandaneira. Setelah sampai di tempat itu, kita bisa menggunakan kendaraan umum ke benteng, seperti taksi, ojek atau angkot.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.