Pantai Berpasir Kaca di California

Kali ini saya akan membahas pantai dengan pasir yang unik di California. Yang membuat pantai ini unik adalah pantai ini berpasir kaca.

Nama dari pantai yang terletak di California ini adalah Glass Beach. Dari nama pantai ini saja sudah “Glass” yang artinya kaca. Di pantai ini bebatuan kaca tersebar dengan berbagai warna di pantai ini. Lokasi dari pantai ini sendiri berada di Taman Nasional McKerricher, dekat kota Fort Bragg, California.

Pasir gelas yang ada di pantai ini bukan ada secara tiba – tiba, namun melalui proses selama bertahun – tahun. Awalnya, pada awal abad ke-20 pantai ini dijadikan penduduk sekitar sana sebagai daeah pembuangan. Berbagai sampah seperti: botol, perabot rumah tangga, dan bahkan mobil dibuang dipantai ini.

Sampai – sampai oleh penduduk sekitar pantai ini disebut “The Dumps”. Lalu pada tahun 1967 pemerintah menutup aerah pantai ini untuk menertibkan sampah dan mulai saat itu juga pantai ini mulai di bersihkan dan diperbaiki.

Ternyata fenomena pasir kaca ini terbentuk dari ombak di Glass Beach yang merubah sampah – sampah botol dan kaca menjadi bebatuan. Uniknya bebatuan kaca ini sudah tidak lagi tajam, melainkan sudah lembut dan pipih. Yang menarik selain bentuknya menjadi pipih adalah bebatuan kaca ini memiliki warna yang beragam sehingga menarik wisatwan.

Fenomena alam ini membuat Glass Beach menjadi tujuan para wisatawan yang ke California. Jika kalian mengunjungi Glass Beach ini disarankan menggunakan sandal dengan sol yang tebal, hal ini untuk menghindari jika ada batuan kaca yang pecah dan dapat melukai kaki kalian. Kalian juga perlu mengingat jika sekarang pengunjung pantai ini dilarang mengambil bebatuan kaca yang ada disana karena pantai ini sudah diambil alih dan dikelola oleh Taman Nasional MacKerricher sehingga bebatuan yang ada disanpun turut dilindungi.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.