Pantai dan Laguna Wediombo di Gunungkidul, Jogjakarta

Laguna merupakan bagian air asin yang terpisah dari laut lantaran terhalang oleh pasir maupun karang dan laguna memang memiliki pesona tersendiri. Indonesia memiliki sejumlah laguna dengan pemandangan yang mempesona. salah satunya dapat anda temui di Pantai Wediombo yang memiliki sebuah kolam laguna yang dikenal dengan nama Laguna Wediombo.

Laguna Wediombo ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Jogja dan tepat berada di bibir pantai dan dipisahkan oleh sejumlah batu karang yang membuatnya nampak seperti kolam renang alami. Pemandangan yang disuguhkan oleh laguna yang satu ini tak kalah indah dengan Laguna Yal-Ku yang ada di Meksiko.

Pantai Wediombo sendiri adalah pantai yang memiliki pemandangan yang indah dan juga masih tergolong alami. Seperti namanya, wedi yang memiliki arti pasir dan ombo berarti luas karena pantai Wediombo ini memang memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Pasir yang ada di Pantai Wediombo ini juga terjaga kebersihannya dengan pasirnya yang masih putih hingga kini.

Laguna Wediombo sendiri terbentuk secara alami dari susunan batu karang yang membentuk sebuah kolam alami dengan kedalaman 1,5 meter. Berendam di Laguna Wediombo ini merupakan aktivitas yang menyenagkan di pantai Wediombo ini.

Tak hanya menawarkan pemandangan pantai dan lagunanya saja yang indah, namun pantai Wediombo ini juga menawarkan keindahan susnset yang sangat indah karena posisi pantai yang hampir menghadap ke barat sempurna, terdapat juga sebuah tebing yang sedikit menjorok sehingga membuat sunset pantai Wediombo semakin indah.

Laguna ini juga merupakan lokasi favorit para pemancing. Bagi anda yang ingin bermain memang lebih disarankan bermain di Laguna Wediombo ini dibanding berenang di pantainya, selain lebih aman juga anda dapat menikmati sensari berenang maupun berendam di laguna yang indah dan jernih.

Jika anda ingin mengunjung pantai Wediombo ini, anda dapat menikuti rute berikut.

Jalur Utama : Yogyakarta – Wonosari ke selatan (arah Pantai Baron) kurang lebih 9 km ada pertigaan di Desa Mulo (50m setelah kolam renang), kalau lurus ke arah Baron. Ambil yang ke Kiri Jurusan Mentel – Bintaos – Tepus- Pertigaan Pasar Jepitu-ke kanan lurus ke arah pantai Wediombo.