Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur

Pantai di Jawa Timur yang satu ini akan selalu memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung kesana. Mulai dari suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih berwarna sedikit kecoklatan bersanding dengan gagahnya karang yang menjorok ke laut. Pantai ini bernama Pantai Klayar yang terletak di Pacitan, Jawa Timur.

Terdapat hal menari di pantai Klayar ini, yakni semburan air laut dari sela – sela karang . Sesungguhnya semburan tersebut adalah semburan air laut yang tertekan dibawah tebing, namun karena arus air laut di bawah lebih tinggi maka terjadilah semburan air laut ke atas melalui sela – sela karang.

Pantai Klayar ini terletak di desa Kalak, kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawan Timur. Akses menuju ke pantai ini juga tidak terlalu sulit, hanya terdapat beberapa jalan yang kurang mulus.

Rute ke pantai ini juga mudah. Jika anda dari arah kota Jogja, anda dapat melalui kota Wonosari di Gunung Kidul lalu ke arah timur menuju ke arah Pathuk dan melanjutkan ke arah kota Wonosari. Dari san perjalanan dilanjutkan ke Pracimantoro setelah itu ke Giribelah dan dari sini anda kana melewati daerah Punung dan seletah daerah Punung ini anda akan melihat papan arahan untuk menuju ke lokasi.

Salah satu pantai yang indah di Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Jika anda melihat di arah barat pantai Klayar, maka anda akan melihat tebing yang kurang lebih memiliki tinggi 50 meter. Dan tebing tersebut lah yang menjadi aslah satu ciri khas atau ikon dari Pantai Klayar.

Yang tak kalah indah adalah anda juga dapat menyaksikan fenomena air laut yang memancar keatas kurang lebih setinggi 8-10 meter. Fenomena langka ini disebabkan oleh semburan dengan tekanan tinggi air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Yang tak kalah menarik di pantai ini adalah sunsetnya. Sunset di Pantai Klayar ini merupakan salah satu sunset yang indah dan siap memukau siapa saja yang menyaksikannya. Pantai Klayar yang masih alami juga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan tersebut.