Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur

Pulau Merah merupakan sebuah pantai dan objek wisata yang terletak di Kabupaten Banyuwangi. Di dekat pantai yang indah satu terdapat bukit hijau yang memiliki tanah merah. Penduduk setempat menyebut pulau eksotis ini dengan nama Pulau Merah, yaitu salah satu pantai serta tempat wisata Banyuwangi yang terdapat di Kecamatan Pesanggaran.

Dalam tahun – tahun belakangan ini, obyek wisata yang satu ini dipromosikan serta direkomendasikan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi sebagai wisata unggulan selain wisata Kawah Ijen yan terkenal dengan api biru atau Ijen Blue Fire.

Pantai ini dulunya bernama Pantai Ringin Pitu. Namun sekarang disebut Pulau Merah karena keberadaan bukit kecil bertanah merah di tepi pantai. Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter tersebut dipenuhi oleh vegetasi berwarna hijau sehingga tak begitu terlihat warna aslinya. Alasan lain nama pantai ini berubah menjai Pulau merah adalah pernah didapati warga setempat beberapa sinar merah terang terpancar di pulau tersebut.

Di pantai Pulau Merah ini juga terdapat pura Hindu yang sudah didirikan sejak tahun 1980 yang disebut Pura Tawang Alun. Pura ini juga kerap dikunjungi oleh para umat Hindu dari Gunung Bromo dan tak jarang juga para umat Hindu yang berada di Bali mengunjungi pura ini.

Pantai ini pernah rusah dikarenakan tsunami pada tahun 1994. Bencana ini menimbulkan gelombang 13 meter yang menyapu seluruh desa di sekitaran pantai. Tsunami ini membuat dinding luar pura Tawang Alun rusak, namun sisi dalam pura ( Pelinggih Padmasana ) masih berdiri kokoh seperti semula dan tak mengalami kerusakan sama sekali alias utuh.

Untuk memasuki kawasan wisata pulau merah, para wisatwan hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3000 rupiah saja dan saat weekend akan menjadi 5000 rupiah. Jika anda ingin mengunjungi pantai Pulau Merah ini pada bulan Mei hingga Desember adalah bulan yang tepat untuk menikmati keselurhan dari keindahan yang dimiliki pantai ini.

Rute termudah untuk menuju ke Pantai Pulau Merah ini adalah melalui Banyuwangi Kota dengan jarak tempuh yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. jika menggunakan transportasi umum, dari Bnayuwangi tersedia bus umum menuju ke desa Pesanggaran dan turun di desa Pesanggaran kemudian dilanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi pantai.