Patung Ikon Baru Indonesia, Tingginya Kalahkan Liberty

Kali ini yang akan saya bahas adalah wisata yang ada di Bali, Indonesia. Garuda Wisnu Kencana atau yang dikenal dengan sebutan GWK oleh masyarakat Indonesia. GWK sendiri merupakan taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 120 meter.

Awal pembuatan dari patung GWK ini terpisah pisah mulai dari patung Dewa Wisnu, Garuda tunggangan Dewa Wisnu dar partikel yang lain. Saat ini semua partikel – partikel dar patung GWK ini sedang dihubungkan menjadi satu yang tingginta nanti melebihi patung Liberty, landmark milik merika Serikat. Patung GWK diklaim memiliki tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan dilietakkan pada area taman yang memiliki ketinggian 146 meter sehingga menambah tinggi dari patung GWK ini.Tentunya tinggi dari patung GWK ini akan jauh lebih tinggi dari patung Liberty yang tingginya hanya 46 meter dan jika diletakkan pada singgasananya menjadi 93 meter. Jadi kita patut bangga pada pembangunan besar yang akan menjadi ikon baru Indonesia.

Belum lama ini, pemasangan mahkota patung sedang viral di media sosial. Pasalnya pemasangan mahkota tersebut diawali dengan upacara yang dipimpin oleh empat sulinggih (Pendeta Hindu). Mahkota Dewa Wisnu ini menjadi komponen ke-529 dari total 754 bagian patung. Selain itu Dewa Wisnu melambangkan sosok penjaga alam semesta yang memiliki pengaruh besar bagi umat Hindu.

I Nyoman Nuarta merupakan orang yang menggagas dibangunnya GWK. Ia menggandeng Menteri Pariwisata, pos dan Telekomunikasi Joob Ave. Proses pembangunan sendiri dilakukan di lahan seluas 250 hektare dan telah mulai dikerjakan sejak 1997.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.