Taman Nasional Gunung Leuser di Sumatra Utara

Taman Nasional Gunung Leuser atau yang disingkat TNGL telat ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai wisata cagar alam pada tahun 1980. Wisata yang satu ini juga merupakan salah satu dari paru – paru dunia dan pada tahun 2004 TNGL ini sudah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu tempat yang dijasikan situs warisan dunia (cagar biosfir). Wisata yang satu ini terletak di ketinggian 3404 mdpl dengan shunya yang berkisar 21° – 28° C dengan lahannya yang seluas 1.094.692 hektar.

Berbagai keindahan alam mulai dari gunung, pantai, sungai, danau, hingga sumber air panas dapat anda temui di tempat wisata yang satu ini. Selain itu, anda juga dapat melihat kehidupan berbagai macam satwa dan fauna yang kesemuanya adalah termasuk dalam satwa dan fauna langka dan dilindungi. Seperti kucing hitam, orang utan, harimau sumatra, siamang, ular, rangkong, kupu – kupu, burung, badak Sumatra, gajah Sumatra, dll dapat anda temui juga disini. Untuk fauna mulai dari bunga rafflesia hingga bunga raksasa “Rhizanthes zippelnii” terdapat di wisata yang satu ini.

Tak hanya itu, Taman Nasional ini juga memiliki kekayaan buah tropis seperti durian, rambutan, mangga, jeruk, alpukat, jambu biji, hingga pepaya. Sungguh lengkap buka di wisata yang satu ini?.

Di wisata yang satu ini anda dapat melakuakn beberapa aktifitas yang seru. Salah satunya adalah hiking menyusuri tempat – tempat yang alami di Gunung Leuser. Tak hanya itu saja, di Gunung Leuser ini terdapat Gua kelelawar, bentangan kebun karet, serta keindahan sawah yang mempesona.

Kegiatan yang paling menantang di wisat yang satru ini adalah melakukan pendakian ke puncak gunung Leuser. Biasanya para pendaki memulai perjalanan mereka dari Desa Angasan yang merupakan titik awal pendakian ke puncak Gunung Leuser. Tak tanggung – tanggung, untuk mencapai puncak dari gunung ini diperlukan perjalanan selama 10 hingga 14 hari sehingga perlu persiapan yang benar – benar matang sebelum mendaki di Gunung yang satu ini.

Bagi anda yang tertarik untuk menuju ke Taman Nasional Gunung Leuser ini anda dapat memulai perjalanan dari Meddan. Dari Medan anda dpaat menggunakan bus di terminal Pinang Baris untuk menuju ke Bukit Lawang, Sumatra Utara dan dari bukit inilah anda akan memulai penelusuran keindahan Taman Nasional Gunung Leuser.