Wisata Budaya & Sejarah,Wisata Indonesia

Wisata Bersejarah Peninggalan Jepang di Indonesia

Wisata Bersejarah Peninggalan Jepang di Indonesia

Wisata Bersejarah Peninggalan Jepang di Indonesia – Dalam berwisata kita tidak hanya mendapat kesenangan dan dan hiburan saja, namun kita juga dapat mendapatkan tambahan wawasan dan informasi. Kebanyakan memang wisata bersejarah yang memiliki unsur pengetahuan dan informasi tersebut. Kali ini wisata bersejarah ini berada di Sumatera Barat.

Wisata sejarah yang sangat bagus untuk dikunjungi ini bernama Gua Jepang atau Lobang Jepang di Provinsi Sumatra Barat. Tepatnya wisata yang satu ini berloksi di Desa Bukit Cangang Kayu Ramang dan merupakan bagian dari Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Menurut penduduk setempat, Gua atau Lobang Jepang ini merupakan peninggalan Angkatan darat Jepang selama invasi mereka saat itu.

Setelah membayar sejumlah kecil biaya masuk sekitar 5000 rupiah an, wisatawan diijinkan masuk untuk mengitari terowongan sesuai keinginan mereka. Karena di dalam Gua Jepang ini bernuansa lembab dan gelap, jadi anda disarankan untuk membawa senter menjelajahi gua Jepang ini. Anda sekalian juga dianjurkan menggunakan jasa pemandu karena rute gua Jepang sangat sulit. Karena gua ini sendiri memiliki panjang 1470 meter dan terdapat banyak lorong yang mirip dengan labirin. Tidak heran jika siapa saja dapat tersesat didalam gua ini jika sembarangan menjelajahi terowongan ini.

Wisata Bersejarah Peninggalan Jepang di Indonesia

Tak dapat dipungkiri memang gua ini nampak gelap dan menakutkan. Disarankan anda juga mengetahui terlebih dahulu fakta tentang gua Jepang ini dan mempertimbangkan kembali jika anda ingin berkunjung ke gua Jepang ini sendirian. Memang yang terbaik jika anda ingin menjelajahi gua jepang ini adalah dengan menggunakan jasa pemandu. Meskipun anda sudah bersama keluarga maupun teman – teman tetap jangan mengabaikan bantuan dari pemandu. Pemandu dapat membantu anda dalam memabntu menunjukan rute. Dan mungkin akan menceritakan pada anda sejarah dan legenda yang terkait dengan Lobang Jepang ini.

Dikatakan juga bahwa situs ini menjadi rumah hantu orang – orang yang meninggal dalam Romusha atau kerja paksa selama masa pemerintahan Jepang kala itu.

Ketika ingin menjelajahi Terowongan Jepang ini anda harus turun dahulu melewati 130 anak tangga untuk menuju ke gua yang terletak di bawah tanah (dengan jarak sekitar 40 meter). Menurut pemandu, pintu masuk ini pernah menjadi lubang pengawasan oleh Angkatan Darat Jepang. Fakta unik lainnya adalah atmosfer di gua ini terasa sejuk bukan lembab. Didalam gua ini pun dinding tidak rata dan terlihat bergelombang, kono katanya Jepang membangun seperti itu untuk menghindari gempa bumi.

Konon katanya dahulu di Gua Jepang ini banyak kelelawar yang siap menelan siapapun yang hidup di dalam gua ini. Namun bagi anada yang ingin kemari jangan khawatir karena hari – hari ini anda semua tidak akan menemukan lagi yang seperti ini. Gua ini juga mempunyai rumor bahwa terdapat lubang panjang yang berfungsi sebagai jebakan untuk para penyerang selama terjadi peperangan. Jadi memang datang dengan pemandu merupakan cara yang terbaik untuk menjelajahi wisata yang satu ini.

Baca Juga : Pantai Indah Dan Unik Dengan Air Terjun Air Asinnya

jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.

Anda mungkin juga suka...