Kemegahan Benteng Chittorgarh di India

Kemegahan Benteng Chittorgarh di India

Kemegahan Benteng Chittorgarh di India – Siapa sangka jika negara India yang disebut – sebut sebagai negara miskin juga memiliki wisata yang juga wajib para wisatwan kunjungi. Wisata di India yang satu ini metupakan wisata sejarah di India dan sangat layak untuk anda kunjungi. Nama tempat wisata sejara di India yang satu ini bernama Benteng Chittorgarh.

Benteng Chittorgarh ini merupakan benteng terbesar sekaligus benteng paling megah di negara bagian Rajasthan, India. Benteng Chittorgarh berdisi megah setinggi 180 meter diatas bukit menyebar luas 691,9 hektar. Benteng Chittorgarh ini sudah dibangun sejak abad ke 7 Masehi oleh Raja Iwan Fals Rawal dengan fungsi sebagai maskawin untuk Putri Solanki.

Benteng Chittorgarh ini terletak di bagian barat India dan di tepi kiri Sungai Berach yang juga merupakan anak sungai dari Sungai Bnas. Bangunan dari Chittorgarh ini terhubung dengan kota baru Chittogarh yang dikenal dengan sebutan kota bawah.

Benteng Chittorgarh

Berbeda dengan benteng yang lainnya, Benteng Chittorgarh ini lebih menyerupai sebuah pusat kota. Di dalam benteng ini terdapat rumah – rumah bangsawan dan pejabat kerajaan, kuil – kuil tempat pemujaan, istana – istana yang indah, serta pasar. Terdapat juga jalan yang berliku – liku dengan panjang sekitar 1 kilometer dari Kota BAru mengarah ke ujung Barat gerbang utama. Di dalam Benteng Chittorgarh ini terdapat jalan melingkar yang terhubung ke semua gerbang utama. Jalan melingkar ini juga merupakan akses untuk menuju ke berbagai monumen berupa istana dan 130 kuil di dalam benteng.

Sebelumnya, di dalam Benteng Chittorgarh ini terdapat sekitar 84 penampungan air berupa kolam serta sumur. Namun, saat ini diketahui benteng ini hanya memiliki 22 penampungan air saja yang masih berfungsi. Summber airnya sendiri berasal dari hujan dan mata air yang ada disekitar benteng. Jumlah air yang mampu ditampun oleh penampungan air yang ada ddi benteng ini adalah sebanyak 4 miliar liter air yang dapat memenuhi kebutuhan 50.000 pasukan sekaligus.

Pintu gerbang Benteng Chittorgarh ini memiliki bentuk lengkungan yang dirancang sangat kuat supaya dapat menahan serangan gajah dan temabakan meriam kala peperangan. Bagian atas pintu gerbang ini juga dirancang dengan sangat baik supaya para pemanah dengan mudah memanah para lawan dengan nyaman. Di dalam benteng Chittorgarh ini juga terdapat beberapa bangunan yang dapat menunjukan bagaimana kemajuan arsitektur pada kala itu.

Anda yang berkunjung ke benteng Chittorgarh ini akan terkagum – kagum dengan kemegahannya dan keuinikan arsitekturnya yang sangat cantik. Ditambah dengan pemandanagn serba hijau disekitar benteng Chittorgarh ini yang membuat para wisatawan menjadi lebih tertarik sekaligus nyaman. Jika anda berkesempatan untuk berkunjung ke India, jangan pernah melewatkan benteng megah dan indah yang satu ini. Para wisatawan juga dapat berwisata religi di benteng ini dengan keberadaan kuil – kuil yang ada di dalamnya.

Baca Juga : Pulau Bora – Bora Polinesia

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.