Wisata Bekas Persinggahan Laksamana Tiongkok di Semarang

Wisata Bekas Persinggahan Laksamana Tiongkok di Semarang

Wisata Bekas Persinggahan Laksamana Tiongkok di Semarang – Wisata yang akan saya bahas kali ini adalah wisata indonesia. Wisata ini merupakan wisata yang terletak di kota Semarang. Wisata ini cukup banyak dikunjungi para turis – turis lokal maupun mancanegara.

Klenteng Sam Poo Kong, merupakan tempat bekas persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He yang dikenal oleh kebanyakan orang dengan nama Cheng Ho. Tempat ini biasanya juga disebut dengan gedong batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

Wisata ini terletak dibagian sebelah barat daya Kota Semarang yang tepatnya terletak di daerah Simongan. Di tempat yang satu ini hampir semuanya serba berwarna merah dengan khas bangunab china. tempat ini sekarang digunakan sebagai tempat pemujaan dan bersembhayang serta untuk berziarah. Untuk semua keperluan tersebut, di dalam gua batu itu tertdapat sebuah altar serta patung – patung Sam Po Tay Djien.

Wisata Bekas Persinggahan Laksamana Tiongkok di Semarang

Sebenarnya Cheng Ho beragama muslim tetapi dianggap dewa oleh mereka yang beragama Kong Hu Cu. Sedangkan masyarakat Kong Hu Cu sendiri beranggapan bahwa orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan pada mereka.

Ada tempat pemujaan Kyai Cundrik Bumi. Yang dulunya merupakan tempat penyimpanan segala jenis persenjataan yang digunakan awak kapal Cheng Ho. Serta Kyai dan Nyai Tumpeng yang mewakili tempat penyimpanan bahan makanan pada jaman Cheng Ho.

Karena seluruh area lebih dimaksudkan untuk sembahyang, tidak semua orang boleh memasukinya. Bangunan kuil, baik yang besar maupun yang kecil dipagari dan pintu masuknya dijaga oleh petugas keamanan. Hanya yang bermaksud sembahyang saja yang diijinkan masuk sedangkan wisatawan yang ingin melihat lihat bisa melakukan dari balik pagar.

Sejak Renovasi besar besaran tahun 2002 dan selesai 2005, yang menelah biaya 20 miliar. Sam Poo Kong menarik perhatian lebih banyak orang untuk berkunjung. Di halaman yang cukup luas di depan kelenteng, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Di sinilah atraksi atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperngati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China.

Baca Juga : Gunung Indah Nan Menawan Milik China

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.